Peluncuran Kabinet Arthasastra


Arthasastra – secara filosofis merupakan sebuah kitab mengenai risalah dan sistem administrasi tata negara terbaik yang pertama kali ada pada abad ke-4 SM. Secara etimologis, Arthasastra merupakan dua gabungan kata dari bahasa Sansekerta yakni “Artha” (agung/gunung/kebaikan) serta “Sastra” (pedoman, sarana). 

Mengacu pada hal tersebut, kami memakai nama Arthasastra ini sebagai nama kabinet BEM Gama FIB Periode 2016-2017 dengan cita-cita yaitu menjadikan BEM Gama FIB menjadi organisasi mapan yang dapat memberikan manfaat besar bagi mahasiswa juga masyarakat.

Dalam kabinet ini, kami pun memiliki pedoman yang dapat membangkitkan semangat kami menjadi bergelora. Semboyan luhur Kota Sumedang yaitu “Ingsun medal, Ingsun Madangan”  yang berarti “saya lahir, saya memberikan penerangan”, kami coba terapkan menjadi tagline kami dengan mengganti kata ingun menjadi sastra: “Sastra Medal, Sastra Madangan” yang berarti “sastra lahir, sastra memberikan penerangan”. Sebagai mahasiswa yang mempelajari bahasa, sastra, dan budaya, kami berpikir bahwa kata ini begitu cocok disandingkan dengan Arthasastra. Arthasastra yang dapat berarti sarana kebaikan ini disandingkan dengan budaya, semboyan masyarakat setempat dilokasi FIB Unpad berada, yaitu di Sumedang. Budaya Kesundaan ini pun kami coba terapkan dengan simbol khas senjata masyarakat Jawa Barat, yaitu Kujang.

Sebagai sebuah simbol yang diagungkan, kujang merupakan perkakas yang merefleksikan ketajaman dan daya kritis dalam kehidupan juga melambangkan kekuatan dan keberanian untuk melindungi hak dan kebenaran. Kujang juga dianggap sebagai simbol pemersatu masyarakat Jawa Barat, terbukti dengan ditempatkannya kujang sebagai simbol khas pemerintahan. Bagi Arthasastra sendiri bentuk kujang yang dilambangkan terbalik yang berarti kerendahan hati, membumi dan sederhana. Kemudian, Kujang yang berjumlah 10 buah melambangkan jurusan-jurusan di FIB sendiri. Gradasi warna-warna yang terdiri dari :
1.Warna Jingga yang melambangkan kehangatan, persahabatan dan kesuksesan dan ditempatkan dipaling atas sebagai sebuah tujuan yang harus dicapai;
2.Gradasi warna merah yang melambangkan keberanian, pencapaian dan perjuangan;
3.Gradasi warna ungu yang melambangkan pengaruh, pengetahuan, empati dan kebenaran;
4.Gradasi warna biru yang melambangkan komunikasi, kepercayaan, loyalitas dan harmoni, kemudian ditempatkan paling bawah, sekaligus warna ciri khas dari FIB sendiri yang bergabung dengan lingkaran bahwa FIB adalah satu kesatuan dalam perbedaan yang dilindungi dengan integritas dan kesempurnaan.

Semua harapan kami tercantum dalam logo dan program-program kerja setiap departemen yang kami buat. Oleh karena itu, kami tidak bisa berjalan tanpa ada batuan dari Gama FIB sendiri. Mari berjalan bersama!

BEM Gama FIB Unpad
Kabinet Arthasastra
Sastra medal, sastra madangan!

0 comments: