Bedah Buku “Menolak Tunduk: Cerita Perlawanan dari Enam Kota”


Jatinangor (13/5) – Dalam rangka memperingati hari buruh nasional, Departemen Kajian dan Aksi Strategis BEM Gama FIB bekerja sama dengan komunitas Suara Lorong menggelar sebuah acara bedah buku “Menolak Tunduk: Cerita Perlawanan dari Enam Kota”. Acara ini berlangsung di Aula Gedung B FIB pada Selasa, 16 Mei 2017 pukul 13.00 WIB.


Acara ini dihadiri langsung oleh sang penulis, Supinah, yang juga menjadi pembicara utama dan dimoderatori oleh Kus Aliya Reza, mahasiswa Ilmu Politik Unpad. Selain itu, terdapat tiga pembicara lainnya yaitu Gito, penulis buku, Linggo, aktivis gerakan sosial, dan Ari Adipurwawidjana, dosen Sastra Inggris Unpad yang ikut ambil bagian dalam bedah buku ini.

Acara dibuka dengan pemutaran film berjudul ‘Factory Asia’. Film ini menceritakan tentang perindustrian di kota-kota besar seperti Jakarta, Bekasi, Karawang, dan lainnya, juga permasalahan yang dialami buruh seperti upah minim dan pelanggaran hak buruh.


Melalui acara ini diharapkan mahasiswa dapat memahami ‘buruh’ yang sebenarnya. Bahwa buruh adalah orang yang bekerja untuk orang lain dengan mendapat upah (KBBI), bukan hanya para pekerja kasar atau pekerja pabrik. Mahasiswa pun diharapkan lebih peka dan lebih menghargai jerih payah buruh, karena semua hasil barang/jasa merupakan hasil usaha mereka.

Diskusi ditutup pada pukul 17.00 WIB melalui pernyataan Supinah bagi para buruh untuk terus berjuang hingga hidup para buruh mendapat kesejahteraan.

(In)

0 comments: