Forum Masyarakat Teater Sastra (FTMS)


Jatinangor (15/10) – Rabu, 11 Oktober 2017, telah diadakan pementasan drama musikal oleh Forum Masyarakat Teater Sastra (FMTS). Merupakan hasil kolaborasi dari teater-teater ke-10 jurusan di FIB: Teater Djati (Sastra Indonesia), Tepass (Sastra Sunda), BVLA (Sastra Inggris), Teater Mata Mawar (Sastra Jerman), Teater Lampau (Ilmu Sejarah), Apostrophe (Sastra Perancis), Terus Lekru (Sastra Rusia), Teater Sahara (Sastra Arab), Teater Henshin (Sastra Jepang), dan dari jurusan Bahasa dan Budaya Tiongkok yang diwakili oleh Himasino. Drama Musikal berjudul Jenderal Bekas karya Yudhi Kurniawan ini digarap oleh sutradara Bagus RS dengan didampingi oleh dua asisten sutradara yaitu Wiky dan Alfan.



Pementasan yang merupakan rangkaian dari H2S atau Hari-Hari Sastra ini dibuka dengan masuknya duo MC Karina dan Elok pada pukul 16:30, yang kemudian dilanjutkan dengan dua penampilan yang bertajuk Always Listening Always Understanding, di mana para penonton diminta untuk hanya mendengarkan dan merasakan penampilan apik dan ciamik dari Tama, yang membacakan cerpen milik Seno Gumira Ajidarma “Sepotong Senja untuk Pacarku”, dan Irfan, yang membawakan monolog mengenai orang gila. Selesai dihibur oleh penampilan dari kedua mahasiswa Sastra Indonesia tersebut, para penonton kembali dihibur oleh penampilan dari band El Karamoya yang sanggup membuat atmosfer di Aula PSBJ seketika berubah dari hening menjadi riuh.





Sebelum dilanjutkan ke pementasan drama musikal, rangkaian acara dipotong sejenak oleh break ISHOMA pada pukul 17:30 sampai 18:00. Menuju penampilan yang ditunggu-tunggu sejak tadi, para penonton masih dihibur oleh penampilan manis dari Wedding Band, sebelum akhirnya drama musikal dimulai pada 18:20.




Windy sebagai Lima, Adit sebagai Partal, Dara sebagai Rumba, Daffarel sebagai Carlos, Dimas sebagai Hali, Sabrina sebagai Karti, Nanti sebagai Kersih, Nadhifa sebagai Rona, Kintan sebagai Atun, Yuri sebagai Hardi, Maul sebagai Kinoy, Irza sebagai Irsa, Femi sebagai Parni, Ira sebagai Pedagang Asongan, Dion sebagai Banci Jenny, Sharif sebagai Tukang Koran, Abimala sebagai Tukang Semir Sepatu (Mas Toto), Ngko sebagai Penjual Minuman, Bowo sebagai Penumpang Kereta, Voesto sebagai Siswa SMA, Shavira sebagai Siswi SMA, serta Aldi dan Begie sebagai Polisi. Selama kurang lebih 2 jam, penonton yang memenuhi Aula PSBJ dihibur oleh penampilan dari para pemain dari 10 jurusan yang ada di FIB dalam drama musikal Jendral Bekas.

Gama FIB pasti sudah tidak sabar menunggu pementasan dari FMTS yang lainnya, kan?

(Zhinta)

0 comments: