Seminar HAM bersama Soeara Lorong


Jatinangor (5/10) – Departemen Aksi dan Kajian Strategis berkolaborasi dengan Soeara Lorong mengadakan sebuah acara seminar mengenai pelanggaran Hak Asasi Manusia di Indonesia dengan mengusung tema “Membaca Sejarah dan Mengenal Kembali HAM di Indonesia”.

Rangkaian acara yang diadakan di Aula PSBJ ini dibagi menjadi dua hari, yakni pada tanggal 2 dan 4 Oktober 2017, yang di tiap harinya terdapat dua sesi seminar.

Senin, 2 Oktober 2017, rangkaian acara hari pertama dibuka pada pukul 09.00 WIB dengan pembicara Usman Hamid dari Amnesty Club, yang mengangkat tema Refleksi Pelanggaran HAM Kita Hari Ini. Pada sesi ke-2 yang dimulai pukul 13.00 WIB, mengundang Ruth Indah Rahayu, yang merupakan seorang aktivis perempuan dan peneliti feminis di Institusi Kajian Krisis dan Strategi Pembangunan. Ibu Ruth pada seminar ini menjadi pembicara mengenai tema Perempuan dan HAM. Acara hari pertama diakhiri pada pukul 16.00 WIB, dan akan dilanjutkan pada acara hari kedua pada dua hari selanjutnya.



Rabu, 4 Oktober 2017, seperti pada rangkaian sebelumnya acara pada hari kedua ini pun dimulai pada pukul 09.00 WIB. Seminar mengenai Memori Kolektif 65 dan Bagaimana Pengaruhnya bagi Generasi Milenial, diisi oleh Gani Ahmad Jaelani, seorang Sejarawan dari Unpad, dan Ingat 65 (skype). Selain seminar, pada hari ini diadakan pula forum group discussion, dengan tema "Merebut Sejarah dan Masa Depan HAM oleh Generasi Muda. Rangkaian acara pun ditutup pada pukul 16.00 WIB.

(Zhinta)

0 comments: