Seminar dan Workshop Jurnalistik-Media Kreatif


Jatinangor (10/5) – Isu hoaks yang sedang tren saat ini menjadi salah satu konsentrasi bagi masyarakat, karena itu Departemen Media dan Informasi BEM Gama FIB mencoba mengangkat tema hoaks tersebut ke dalam sebuah seminar dan workshop bertajuk ‘Satu Kata, Sejuta Makna’. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 10 Mei 2017 di Aula PSBJ FIB pada pukul 13.00 WIB.

“Dari satu kata orang, bisa menyebar ke orang lain dalam makna yang berbeda. Hal itu juga menyebabkan terjadinya berita hoax,” jelas Indah selaku Ketua Pelaksana mengenai tema yang diambil.

Kegiatan dipandu oleh Elda dan Lana selaku MC dan dibagi dalam tiga sesi. Yang pertama adalah seminar dengan materi jurnalistik yang dibawakan oleh Gumgum Gumilar, S.Sos., M. Si. (Dosen dan Sekretaris Program Studi Jurnalistik Fikom Unpad). Pada sesi pertama ini pemateri mengangkat tentang ‘Berita Benar vs Berita Palsu’ dan bagaimana berita hoax lebih cepat menyebar melalui media sosial terutama dalam berita/artikel mengenai kesehatan, politik, dsb.


Sesi kedua dibawakan oleh pemateri yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar peserta yaitu Gerald dan Langit dari ‘Kok Bisa’. Kok Bisa merupakan sebuah channel edukatif di youtube yang menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kadang tak terpikirkan orang. Sesi dengan Kok Bisa ini lebih mengangkat kearah media kreatif mengenai bagaimana cara mengemas sebuah berita/artikel dengan menarik namun tetap sesuai dengan fakta.

Sesi yang terakhir adalah workshop untuk mempraktikan materi-materi yang didapatkan baik dari pembicara di sesi pertama dan kedua. Workshop ini dipandu oleh Febri, moderator yang setia menemani peserta dari sesi pertama hingga terakhir. Peserta diminta untuk membuat artikel menarik dan sesuai fakta dengan tema ‘Penggunaan Media Sosial di Era Globalisasi’.

Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta dapat lebih berhati-hati dalam melihat berita dan tidak asal share berita hoax di media sosial. Kegiatan selesai sekitar pukul 17.00 WIB.


BEM Gama FIB Unpad
Kabinet Arthasastra
Sastra medal, sastra madangan!

(In)

0 comments: